Ekosistem merupakan suatu sistem dimana terjadi hubungan interaksi saling ketergantungan antara komponen-komponen didalamnya, baik berupa mahkluk hidup maupun yang tidak hidup. Setiap komponen ekosistem memiliki makna khusus bagi komponen lainnya. Hubungan saling ketergantungan antara komponen ekosistem sangat terorganisir. Hubungan tersebut berlangsung secara dinamis sehingga terjadi keseimbangan lingkungan.

Manusia harus mempunyai kesadaran, dalam setiap hal yang mereka kerjakan mempunyai dampak bagi kehidupan ekosistem yang ada pada lingkungan. Menurut UU no 23 tahun 1997, Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya dan keadaan, dan mahkluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang memengaruhi kelangsungan peri kehidupan dan kesejahteraan manusia beserta mahkluk hidup lainnya.

Mitra CSR PT. Migas Hulu Jabar ONWJ

dalam kegiatan ini Yayasan Amal Mulia Sejahtera bekerjasama dengan PT Migas Hulu Jabar ONWJ (MUJ ONWJ) selaku salah satu participan pengelola blok migas di sepanjang jalur laut pantai jakarta sampai kawarang. tujuan dari kegiatan ini agar masyarakat dapat sama sama membantu menjaga kelestarian bersama lingkungan hidup khususnya di jalur pantai.

Kegiatan ini sangat menarik sekali bagi saya, dapat mengetahui tentang bagaimana subuah ekosistem perlu dijaga, dan kita yang berada di pusat jakarta ternyata mempunyai faktor penting dalam kontribusi sampah dikepulauan seribu, oleh karenanya mari kita jaga bersama.

– Bayu, Peserta

Kegiatan yang dimulai dengan sosialiasi terhadap dampak dari buang sampah sembarangan terhadap ekosistem lingkungan hidup dikepulauan seribu, kegiatan sosialisasi ini diadakan sebanyak tiga kali, agar menjangkau lebih banyak audiens harapanya semakin banyak yang tau semakin banyak kesadaran yang timbul.

setelah sosialisasi selanjutnya adalah kunjungan ke Pulau Tidung sebagai sarana experience learning kepada peserta yang terpilih untuk kunjungan ke pulau tidung, di pulau tidung mereka mendapatkan pengetauan dan wawasan yang lebih dalam lagi, selanjutnya peserta melakukan aksi sosial dengan membersihkan sampah disekitar pantai dan merawat tanaman magrove

Pemuda Peduli Lingkungan Hidup

Pemuda adalah individu yang bila dilihat secara fisik sedang mengalami perkembangan dan secara psikis sedang mengalami perkembangan emosional, sehingga pemuda merupakan sumber daya manusia pembangunan baik saat ini maupun masa datang. Lingkungan hidup yang merupakan tempat kita berpijak dan menghirup udara segar sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Rasa kepedulian remaja terhadap lingkungan perlu diapresiasi setinggi mungkin. Perlunya remaja memahami betul tentang lingkungan hidup merupakan hal penting. .

  • Melakukan Kunjungan ke Pulau Tidung Kepulauan Seribu
  • Edukasi Terkait dengan kondisi Lingkungan Hidup di Pulau Tidung
  • Aksi Sosial membersihkan Pantai di Pulau Tidung
  • Penanaman Mangrove untuk mencegah Abrasi

Edukasi Tentang Lingkungan Pulau Tidung

Memberikan pemahaman kepada pemuda terhadap ekosistem lingkungan hidup di kepulauan seribu, agar meraka menjadi sadar bahwa menjaga kelestarian dimulai dari hulu sampah yaitu perkotaaan yang akan terus mengalir sampai pantai dan kepulauan, oleh karenanya pola hidup yang sehat dengan membuang sampah pada tempatnya serta memilah milih jenis sampah sangat membantu bagi pelestarian lingkungan hidup.

Penanaman Mangrove

Tanaman Mangrove sudah terbukti mampu menjaga pantai dari abrasi serta mejadi tempat bagi hewan seperti ikan dan kepiting atau penyu untuk berkembang biak serta sebagai supply sumber makanan bagi mahluk hidup lainnya, program penanaman dan menjaga magrove agar tetap tumbuh di bibir pantai menjadi bagian yang penting yang harus diketahui oleh para anak anak muda dalam menjaga kelestarian pantai